Literasi TIK–Minggu 4

EVALUASI DAN PENCARIAN INFORMASI LANJUT

Evaluasi informasi adalah suatu kemampuan untuk mencari, memilih, dan memutuskan informasi mana yang harus diterima. Adapun pertimbangan yang harus dilakukan saat mengevaluasi sumber informasi, antara lain:

  • Authority

Penilaian terhadap aspek authority dapat dilakukan melalui kredensial penulis, seperti latar belakang pendidikan, pekerjaan, jumlah dan tipe literature yang telah dibuat, dsb. Jika dari situs, maka cari tahu profil web, dan umumnya sumber terpercaya memiliki domain pribadi (bukan blogspot atau wordpress, dll)

  • Timeliness

Pastikan tanggal publikasi dan update-nya dan cek apakah informasi tersebut di-update secara rutin. Jika menggunakan buku cetak, gunakan edisi atau revisi terbaru

  • Relevancy

Relevansi berarti kesesuaian informasi yang dicari dengan informasi yang kita butuhkan

  • Quality

Perhatikan tata bahasa, ejaan, tanda baca, keaslian informasi (bukan hasil copy-paste)

  • Perspective/bias

Cari sumber-sumber tulisan yang mempertimbangkan berbagai perspektif dalam arti bukan hanya mewakili sudut perspektif tertentu, dan perhatikan apakah sudut pandang yang berbeda diakui atau diatasi. Selain itu, lihat juga apakah ada bukti konkrit dari informasi yang diberikan.

 

Proses Pencarian Informasi

Proses pencarian informasi adalah langkah-langkah yang dibutuhkan setiap orang untuk menyelesaikan suatu tugas informasi yang membutuhkan penggunaan beberapa keterampilan informasi. Dalam proses pencarian informasi, terdapat beberapa teknik yang bisa diterapkan, yaitu:

  • The Big 6
    Dalam model ini terdiri dari enam tahap pemecahan masalah yang masing-masing terdiri atas sublangkah, yaitu:
  1. Definisi tugas
    i)  Mendefinisikan masalah informasi yang dihadapi
    Tentukan topik dan jelaskan pertanyaan riset (research question)
    ii) Identifikasi informasi yang diperlukan
    Batasi kebutuhan informasi pada apa yang menjadi permasalahan saja (keyword)
  2. Strategi mencari informasi
    i)  Menentukan semua sumber yang mungkin
    ii) Memilih sumber terbaik
  3. Lokasi dan akses
    Tahap ini membutuhkan kemampuan untuk menggunakan indeks sehingga informasi yang tersimpan dalam berbagai sumber informasi dapat dilakukan secara efektif dan efisien, dengan:
    i)  Tentukan lokasi sumber
    ii) Menemukan informasi dalam sumber
  4. Menggunakan informasi
    Yaitu penyaringan dan pemerasan informasi yang banyak sehingga menjadi informasi yang terseleksi dan siap pakai dengan:
    i)  Membaca, mendengar, menyentuh, mengalami
    ii) Ekstrak informasi yang relevan
    Yaitu mengambil dan mengidentifikasi bagian-bagian yang benar-beanr penting dan relevan dengan permasalahan kita
  5. Sintesis
    Penggabungan berbagai informasi yang telah kita dapat, dengan:
    i)  Mengorganisasikan dari banyak sumber yang terpisah menjadi suatu bentuk yang sistematis
    ii) Menyajikan informasi
  6. Evaluasi
    Dalam tahap ini, yang diharapkan adalah penilaian terhadap hasil dan proses yang sudah berhasil dilalui, meliputi:
    i)  Nilai produk (dari segi efektifitas)
    Apakah tulisan kita sudah dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi permasalahan? Apakah sudah cukup didukung oleh bukti         dan fakta?
    ii) Nilai proses
    Kesulitan apa yang harus dihadapi saat membuat tulisan ini? Apa yang harus diubah dalam mengerjakan proses yang sama seperti ini di
    waktu yang akan datang?
  • Mind Map/Brainstorming
    Mind Map merupakan metode visual untuk mengorganisasikan pola pikir kita mengenai suatu topik melalui tulisan, warna, gambar, dan/atau angka terhadap hal-hal penting pada suatu informasi. Pembuatan mind map diawali dengan gagasan utama dan kemudian dilanjutkan dengan cabang-cabang informasi, detil-detil informasi, keterkaitan antara satu informasi dengan informasi lain dan lain-lain.
  • Information Presentation
    Presentasi informasi memberikan pengaruh yang cukup besar dalam pembuatan keputusan. Jika suatu informasi tidak atau kurang didukung fakta-fakta, maka kita cenderung ragu apakah informasi tersebut bisa digunakan.
  • Information Search Process (ISP)—Kuhlthau
    1. Awalan (initiation)
    Ketika seseorang sadar akan kurangnya pengetahuan atau pemahaman
    2. Pemilihan (selection)
    Ketika sebuah topik atau masalah yang diidentifikasi memberikan kersiapan untuk mencari informasi
    3. Penjelajahan (exploration)
    Ketika seseorang bingung dan ragu karena penemuan informasi yang tidak cocok dengan konsepnya
    4. Perumusan (formulation)
    Ketika semua sudut pandang telah terfokus dan membentuk informasi sehingga mengurangi ketidakpastian informasi tersebut dan
    membuat rasa percaya diri orang tersebut meningkat
    5. Pengumpulan (collection)
    Ketika interaksi antara pengguna dan informasi sudah efektif dan efisien, seseorang akan mengumpulkan informasi yang menjabarkan,
    memperluas, dan mendukung topiknya
    6. Penyajian (presentation)
    Penjelasan/penyampaian informasi yang telah didapatkan kepada orang lain
  • Flip It—Alice Yucht
    FLIP merupakan singkatan dari
    a) Focus
         Fokuskan kata kunci yang akan digunakan untuk mencari informasi (harus bersifat spesifik)
    b) Links
         Lokasikan kontak informasi yang bisa kita hubungi atau link dari website yang menjadi sumber informasi agar kita mudah mengakses
    informasi tersebut
    c) Input
         Melakukan penyortiran, penyaringan, penyimpanan, dan pencarian informasi sesuai yang dibutuhkan
    d) Pay-off
    Menyusun informasi yang telah kita dapatkan dan disajikan atau dipublikasikan
    e) If/Then
        Mengevaluasi hasil dan proses pencarian informasi yang telah didapat
  • Alberta Inquiry Model
    Terdiri atas fase-fase:
    ~Planning
      Penentuan topik, mencari sumber informsai dan format presentasi, penentuan kriteria   evaluasi
    ~Retrieving
      Pencarian sumber, pemilihan/penyaringan informasi, dan penentuan informasi yang relevan
    ~Processing
      Pengevaluasian dan penyimpanan informasi yang bersangkutan
    ~Creating
      Pengumpulan informasi dan pembuatan produk
    ~Sharing
      Mengerti tentang pembaca dan mendemonstrasikan kelakuan yang baik
    ~Evaluating
      Evaluasi produk dan prosedur penyelidikan serta menyampaikan hasilnya kepada orang lain

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *