Literasi TIK–Minggu 6

PENGGUNAAN INFORMASI BARU UNTUK MEMBANGUN KONSEP BARU

ATAU MEMBUAT PEMAHAMAN BARU

Model Data-Information-Knowledge-Wisdom(DIKW)

Image result for Model Data-Information-Knowledge-Wisdom(DIKW)

Kategori Pikiran Manusia (Russell Ackoff)

  • Data

Simbol (misal: angka, huruf, gambar); berupa fakta atau pernyataan; tidak mempunyai relasi dengan yang lain.

  • Informasi

Data yang sudah diproses dan berguna; menjawab pertanyaan apa, siapa, di mana, dan kapan; terdapat relasi antardata.

  • Pengetahuan (knowledge)

Aplikasi/penggunaan data dan informasi; penggunaan informasi dalam konteks untuk membuat keputusan; informasi yang saling terhubung; menjawab pertanyaan bagaimana. Pengetahuan merupakan informasi yang ditambah dengan aturan/alasan. Experts reasoning meliputi reasoning by analogy (menyamakan satu konsep dengan konsep lain yang sejenis), formal reasoning (berbasis fakta untuk menghasilkan kesimpulan), dan case-based reasoning (reasoning dengan kasus-kasus sebelumnya yang relevan). Pengetahuan yang aktual dihasilkan dari pengetahuan yang sudah ada. Struktur pengetahuan dibangun dengan mengidentifikasi pengetahuan dasar dan dapat juga digunakan untuk menghasilkan pengetahuan aktual. Setelah pengetahuan dasar diketahui, relasi antarpengetahuan dipetakan sesuai kebutuhan, yang bersifat hirarki karena pengetahuan baru berkaitan dengan pengetahuan sebelumnya.

  • Pemahaman (understanding)

Pemahaman dan menjawab pertanyaan mengapa.

  • Kebijakan (wisdom)

Pemahaman yang dievaluasi; terdiri dair pengetahuan-pengetahuan dan prinsip-prinsip serta alasan pola terjadi. Wisdom hanya dimiliki manusia karena menyangkut pemahaman dan penilaian.

Untuk mengubah data menjadi informasi, dapat dilakukan dengan visualisasi data melalui diagram, mencari rata-rata nilai, memprediksi nilai yang akan datang, membandingkan satu data dengan data lain, menguji apakah hasil yang didapat merupakan suatu kebetulan, dan menguji apakah sesuatu berhubungan dengan yang lain.

Beberapa pemodelan pengetahuan yang bisa digunakan oleh manusia dan komputer, yaitu

  • Aturan (rules)

Menurut E.H. Shortliffe, knowledge merupakan sesuatu yang bernilai. Bentuk umum: if attribute A1 has value V1 and attribute A2 has value A2 then attribute A3 has value V3. Sistem pengecualian hampir sama dengan rules, dengan bentuk umum: attribute A1 has value V1, unless attribute A2 has value A2 and attribute A3 has value V3.

  • Semantic network

Node adalah item-item dan link yang menunjukkan hubungan antar-item yang memungkinkan sistem menjawab pertanyaan secara otomatis mengenai item di dalam jaringan.

  • Frames
  • Concept diagram

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *